Laporan Akhir Percobaan 3
1. Tujuan
[Kembali]
a. Merangkai aplikasi penggunaan arduino
b. Mengaplikasikan dan menjelaskan penggunaan arduino untuk keypad
c. Menjelaskan program yang di gunakan pada arduino
a. Arduino
Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.
b. Keypad
Keypad Matriks adalah tombol-tombol yang disusun secara maktriks (baris x kolom) sehingga dapat mengurangi penggunaan pin input. Sebagai contoh, Keypad Matriks 4×4 cukup menggunakan 8 pin untuk 16 tombol. Hal tersebut dimungkinkan karena rangkaian tombol yang disusun secara horizontal membentuk baris dan secara vertikal membentuk kolom.
c. LCD Character
Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.
3. Rangkaian Simulasi [Kembali]
Prinsip Kerja:
pada keypad memiliki 7 pin pada bagian kiri terdapat 4 bagian sebagian baris 3 buah sebagai kolom, pada lcd digunakan untuk menampilkan angka atau huruf yang diterima dari arduino melalui pin analog nya.pada lcd terdapat 8 pin yang akan menerima input dari arduino. pada saat keypad ditekan maka akan ada arus yang mengalir yang menghasilkan inputan digital input dari arduino uno, inputan ini yang akan ditampilkan atau di terjemahkan oleh arduino uno yang akan menjadi analog yang akan ditransfer ke lcd sehingga menampilkan hasil dari inputan keypad tersebut.
4. Flowchart
[Kembali]
5. Listing Program
[Kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi libary LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library Keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; /Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
//Inisialisasi Library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
//Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
6. Video Simulasi [Kembali]
1. Kenapa menggunakan pin D4 hingga D7 untuk disambungkan ke arduino?
Analisa:
Pada LCD memiliki dua mode operasi utama: mode 4-bit yang menggunakan 4 pin data (d4-d7), dan mode 8-bit yang menggunakan semua 8 pin data (d0-d7). Mode 4-bit memiliki keuntungan karena membutuhkan pin output yang lebih sedikit pada Arduino. Namun, itu berarti sketsa perlu mengirim setiap perintah / karakter sebagai dua kumpulan 4-bit yang terpisah (satu demi satu). Ini ditangani untuk secara otomatis oleh pustaka LiquidCrystal, sehingga tidak memerlukan kompleksitas tambahan dalam kode. Namun, itu berarti bahwa sketsa membutuhkan sekitar dua kali lipat jumlah siklus prosesor untuk mengirim apa pun ke LCD. Sebaliknya, mode 8-bit mengirimkan setiap perintah / karakter sebagai satu batch 8-bit. Itu berarti secara teknis berjalan sedikit lebih cepat.
2. Jelaskan apa saja yang berubah dari listing program saat keypad yang digunakan di ubah ke keypad 4x4?
Analisa:
Untuk keypad 4x4 terdapat 4 kolom dan 4 baris dimana ada 16 button dimana ada tambahan pada baris berupa A, B, C, dan D. Pada percobaan 3 kita menggunakan keypad 4x3 karena sudar dari modul seperti itu. Tapi kita ingin menggunakan keypad 4x4 juga bisa tetapi kita juga harus harus mengganti listing program pada program tersebut. pada listing program saat keypad yang digunakan diubah ke keypad 4x4 dengan konfigurasi dalam bentuk matrix, sehingga memiliki indek baris dan kolom sehingga pn input ke arduino dapat dikurangi.
8. Link Download
[Kembali]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar