LAPORAN AKHIR PERCOBAAN 4
2. ALAT DAN BAHAN [KEMBALI]
1. JK flip flop ( 74112 )
2. D flip flop ( 7474 )
3. Switch SPDT
4. LED
3. RANGKAIAN SIMULASI [KEMBALI]
B6 = clock d flip-flop
B5 = D
B5 = D
B4 = K
B3 = clock JK flipflop
B2 = J
B1 = S
B0 = R
Saat B1 bernilai 1 sedangkan B0 bernilai 0, pada jk flipflip input Q akan bernilai 0 dan input Q' bernilai 1, sedangkan pada d flipflop input Q akan berlogika 0 dan Q' akan berlogika 1 saat kedua clock aktif tinggi.
Saat B1 bernilai 0 sedangkan B0 bernilai 1, pada jk flipflip input Q akan bernilai 1 dan input Q' bernilai 0, sedangkan pada d flipflop input Q akan berlogika 1 dan Q' akan berlogika 0 saat kedua clock aktif tinggi.
Saat B1 bernilai 0 sedangkan B0 bernilai 0, pada jk flipflip input Q akan bernilai 1 dan input Q' bernilai 1, sedangkan pada d flipflop input Q akan berlogika 1 dan Q' akan berlogika 1 saat kedua clock aktif tinggi.
Saat B1 bernilai 1 sedangkan B0 bernilai 1, B6 bernilai 0, B5 bernilai 0, B4 bernilai 0, kedua clock aktif tinggi, B2 bernilai 0.Pada jk flipflip input Q akan bernilai 0 dan input Q' bernilai 1, sedangkan pada d flipflop input Q akan berlogika 0 dan Q' akan berlogika 1.
Saat B1 bernilai 1 sedangkan B0 bernilai 1, B6 bernilai 1, B5 bernilai 1, B4 bernilai 1, kedua clock aktif tinggi, B2 bernilai 0.Pada jk flipflip input Q akan bernilai 0 dan input Q' bernilai 1, sedangkan pada d flipflop input Q akan berlogika 1 dan Q' akan berlogika 0.
Saat B1 bernilai 1 sedangkan B0 bernilai 1, B6 bernilai 0, B4 bernilai 0, kedua clock aktif tinggi, B2 bernilai 1.Pada jk flipflip input Q akan bernilai 1 dan input Q' bernilai 0, sedangkan pada d flipflop input Q akan berlogika 0 dan Q' akan berlogika 1.
Saat B1 bernilai 1 sedangkan B0 bernilai 1, B4 bernilai 1, kedua clock aktif tinggi, B2 bernilai 1.Pada jk flipflip input Q akan bernilai 0 dan input Q' bernilai 1, sedangkan pada d flipflop outputnya tidak ada.
bernilai 1 = led menyala
bernilai 0 = led mati
5. VIDEO RANGKAIAN [KEMBALI]
6. ANALISA [KEMBALI]
Percobaan 4
1. Bagaimana jika B0 dan B1 sama-sama diberika logika 0. apa yang akan terjadi pada rangkaian ?
Analisa:
jika B0 dan B1 berlogika 0 maka J berlogika 0, clock berlogika 1, k berlogika 1, Q berlogika 1 dan IQ berlogika 1. sehingga pada flip flop D, D berlogika 1, clock berlogika 1, Q berlogika 1, dan IQ berlogika 1, maka semua LEDnya pada rangkaian menyala.
2. Bagaimana jika B3 diputuskan/ tidak dihubungkan pada rangkaian apa yang terjadi pada rangkaian?
Analisa:
jika B3 diputus pada rangkaian yang terjadi flip flop JK, J berlogika 0 dan Q berlogika 0 maka LED tidak menyala pada clock flip flop JK tidak terkontamidasi, sehingga pada flip flop D, Q berlogika 0, maka Led nya juga tidak menyala.
3. Jelaskan apa yang dimaksud kondisi tonggle, kondisi Not change, dan kondisi terlarang pada flip flop?
Analisa:
- Kondisi tonggle
T flip flop adalah kondisi khusus dari JK flip flop masukan T dihubungkan dengan Jk sekaligus. Pada T flip flop, J dan K akan bernilai sama 00 dan 11.
pada saat CK naik maka kondisi keluaran Q tergantung pada masukan T. kondisi keluaran Q berubah-ubah (Toggle) dicapai pada saat masukan T bernilai 1. jika CK turun tidak ada perubahan pada flip flop.
- Kondisi Not Change
pada saat D bernilai 1 menyebabkan keluaran Q akan bernilai 1 pada kondisi berikutnya. Sebaliknya , Q bernilai 0 pada saat D bernilai 0. karakter ini sesuai dengan karakter tempat penyimpanan 1 bit.
- Kondisi terlarang flip flop
pada RS flip flop, terdapat kondisi terlarang terjadi saat masukan Q dan Q' sama, karena nilai Q dan Q' seharusnya berlawanan, pada SR flip flop dapat terjadi jika nilai S dan R diberi nilai 1 dan 1.
7. LINK DOWNLOAD [KEMBALI]
Html klik disini
Rangkaian klik disini
Video klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar